Jumat, 12 April 2013

Ciri-ciri wanita sholehah.

Wanita sholehah adalah apa bila suaminya merasakan bahwa istrinya adalah sebaik-baik wanita disisinya, yang bisa menjaga dirinya dari hal yang haram dan dapat membantu suaminya dalam urusan dunia dan agamanya.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

"Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka." (An-Nisa: 34)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا، الَّتِى إِذَا غَضِبَ جَاءَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِي يَدِ زَوْجِهَا، وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوقُ غَضْمًا حَتَّى تَرْضَى

"Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: "Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha." (HR. An-Nasai).

Wanita shalihah adalah idaman setiap orang. Harta yang paling berharga, sebaik-baik perhiasan. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.” (H.R. Muslim, Ibnu Majah dan Nasa'i)

Seorang wanita yang ingin masuk ke Surganya Allah memiliki syarat yang sangat mudah dibandingkan laki-laki. Seorang wanita hanya memerlukan dan melaksanakan prinsip hidup seorang wanita solehah. Untuk menjadi seorang wanita solehah tidaklah sulit, bahkan sangat mudah jika sudah ada kemauan dari dalam diri.


Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا، قِيْلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

"Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." (HR. Ahmad)

Apa ciri-ciri wanita sholehah itu?

1/. Ia wanita yang paling taat kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Ketaatannya melebihi kepadaa apapun yang mesti ditaati

2/. Ia senantiasa menyerahkan segala urusan hidupnya kepada hukum dan syariat Allah Subhanahu Wata'ala.

3/. Ia senantiasa menjadikan al-Qur'an dan al-Hadits sebagai sumber hukum dan mengartur seluruh aspek kehidupannya.

4/. Ibadanya baik dan memiliki akhlak serta budi pekerti yang mulia.

5/. Tidak hobi berdusta, bergunjing dan riya'.

6/. Berbuat baik dan berbakti kepada orangtuanya. Ia senantiasa mendo'alan orangtuanya, menghormati mereka, menjaga dan melindungi keduanya.

7/. Taat kepada suaminya. Menjaga harta suaminya dan mendidik anak-anaknya dengan kheidupan yang Islami.

8/. Jika dilihat menyenangkan, bila dipandang menyejukkan dan menentramkan bila berada di dekatnya. Hati akan tenang bila meninggalkannya ketika pergi.

9/. Melayani suaminya dengan baik, berhias hanya untuk suaminya, pandai membangkitkan dan memotifasi suaminya untuk berjuang membela agama Allah Subhanahu Wata'ala.

10/. Ia tidak gemar bermewah-mewah dengan dunia, tawadhu dan bersikap sedrhana.

11/. Memiliki kesabaran luar biasa atas janji-janji Allah Subhanahu Wata'ala, ia tidak berhenti belajar untuk bekal hidupnya.

Berbahagialah muslimah memiliki ciri-ciri wanita sholehah yang demikian. Karena merupakan sosok wanita muslimah yang Insya Allah akan mampu menjadi penyejuk dan pengayom dalam sebuah rumah tangga nanti. Kalaupun masih ada yang merasa jauh dari ciri-ciri wanita sholehah diatas, marilah mulai sekarang kita berlomba-lomba meraihnya. Semoga tulisan tentang ciri-ciri wanita sholehah ini bermanfaat untuk kita semua terutama untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu Wata’aala… 
Aamiin ya Rabb.....
-----------------------------------
Dari berbagai sumber.
Artikel : My Diary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar