Sabtu, 03 Agustus 2013

Misteri Kapal Hantu di Dunia.

Gara-gara nonton Ghost Ship, jadi penasaran tentang cerita kapal hantu...
Cari-cari artikel tentang kapal hantu, akhirnya ketemu juga...
Kita bagi-bagi cerita ya, kali aja bisa menambah wawasan anda di arena mistery... heheee...
Lanjuuuuuttttt....
Nih dia kapal-kapal hantu nya....
-----------------

Ourang Medan.


Pada suatu hari di bulan Februari 1948, beberapa kapal yang sedang berlayar di perairan Indonesia mendapatkan pesan radio darurat yang berasal dari kapal Belanda SS Ourang Medan. Terjemah pesan darurat itu kira-kira begini; "Semua anak buah kapal termasuk kapten sudah meninggal di kabin dan di geladak. Kemudian tidak ada lagi yang tersisa..." Pesan ini kemudian dilanjutkan dengan kode morse yang aneh, kemudian diakhiri dengan bisikan terakhr pemberi pesan "I die".

Kapal-kapal penyelamat pun diterjunkan untuk mencari SS Ourang Medan. Dan saat mereka menemukan kapal tersebut, terbentanglah pemandangan yang membuat misteri. SS Ourang Medan. Semua awak kapal, termasuk kapten ditemukan tewas kaku dengan mata terbuka menghadap ke arah matahari, tangan mereka terbentang, mulut menganga dengan wajah sangat ketakutan. Bahkan anjing yang ada di kapal itu pun ditemukan mati dalam keadaan yang sama. Dan saat kru penyelamat masuk ke ruang mesin, mereka mengigil walaupun suhu mesin lebih dari 40 derajat!.

Tim penyelamatpun memutuskan untuk menarik kapal tersebut ke daratan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tapi di tengah perjalanan tiba-tiba asap keluar dari ruang mesin dan kapal yang sedang ditarik pun meledak. Kemudian sampai saat ini belum ada penjelasan mengenai penyebab kejadian mengerikan terebut, karena pada masa itu cerita tentang kapal ini kalah populer dengan masa transisi kemerdekaan Indonesia. Dan SS Ourang Medan tetap menjadi misteri kapal hantu yang paling menyeramkan di dunia.

The Octavius.


Walaupun sekarang dianggap lebih sebagai legenda daripada apapun, cerita tentang Octavius tetap menjadi salah satu cerita kapal hantu yang paling terkenal. Cerita ini kembali ke tahun 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap paus yang bernama Herald tak sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Para kru dari kapal Herald naik ke kapal Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua dalam keadaan beku karena dinginnya arktik.

Yang paling mengherankan, para kru menemukan kapten kapan masih duduk di mejanya, sedang dalam keadaan menyelesaikan sebuah entri log dari tahun 1762, ini berarti Octavius telah mengapung selama 13 tahun. Menurut legenda, mereka menemukan bahwa sang kapten telah berusaha keras untuk sesegera mungkin untuk kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage. Tetapi ternyata kapal terperangkan dalam es. Jika benar, ini berarti Octavius telah berlayar ke bagian Atlantik sebagai kapal hantu, sementara para awak dan kapten telah lama mati.

The Joyita.


The Joyita adalah sebuah perahu nelayaan sewaan yang ditemukan di perairang Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal bersama dengan 25 penumpang dan awak kapal sedang dalam perjalan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi. Dan tidak sampai beberapa jam kemudian ternyata Joyita terlambat sampai ketempat tujuan, maka di upayakanlah penyelamatan terhadap kapal tersebut. Sebuah pencarian besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang. Dan tidak sampai lima minggu kemudian, ada kapal dagang yang bertemu dengan Joyita yang telah hanyut sekitar 600 mil dari tempat seharusnya kapal tersebut berlayar.

Tak ada tanda-tanda dari penumpang, kru kargo atau kehidupan di kapal tersebut, kapal itupun telah rusak cukup parah di satu sisi kapal. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal di setel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tak dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satupun dari awak kapal atau penumpang pernah terlihat lagi, misteri dari apa yang terjadi belum terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa bajak laut telah membunuh semua kru dan penumpang kemudian melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi ada klaim lain yang mengatakan bahwa pemberontakan diatas kapal dan penculikan termasuk dalam penipuan asuransi.

The Lady Lovibond.


Inggris memiliki tradisi dan legenda panjang tentang kapal hantu, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya, kapten kapal Lady Lovibond, Simon Peel, baru saja menikah dan memutuskan untuk membawa pesta pernikahannya ke atas sebuah kapal pesiar untuk merayakannya. Dia membawa pengantin barunya -ada sebuah kepercayaan dalam dunia pelayaran, jika membawa seorang wanita kedalam kapal itu akan membawa nasib buruk- dan berlayar pada tanggal 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, dia sudah jatuh cinta pada pandangan pertama kepada istri barunya, dan setelah upacara perayaan ada orang yang menjadi marah dan mengamuk karena rasa cemburu kemudian dengan sengaja mengarahkan kapal ke Sands Goodwind yang mematikan, sebuah bar pasir terkenal yang bisa menyebabkan kecelakaan pada kapal.

Akhirnya Lady Lovibond tenggelam dan menewaskan semua penumpang. Sebagai sebuah legenda berjalan, sejak kecelakaan tersebut Lady Lovibond dapat dilihat berlayar di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun sekali. Hal itu terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapal yang berbeda, kemudian pada tahun 1848 dan 1898. Ketika itu kapal tersebut telihat sangat nyata dan yang melihat berfikir bahwa kapal tersebut dalam keadaan meminta bantuan sehingga mereka mengirimkan rakit untuk membantu. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan untuk waktu yang lama tidak ada berita penampakan kapal tersebut hingga terlihat kembali pada tahun 1998. Kapal tersebut menjadi salah satu legenda kapal hantu yang paling terkenal di Eropa.

The Mary Celeste.


Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan terapung dan terombang ambing di Samudra Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu ditemukan dalam kondisi yang layak untuk berlayar dengan semua layang yang masih terjaga dan peti yang penuh makanan dalam kargo, tapi kehidupan dalam kapal, kapten, buku log dan yang lebih penting seluruh kru menghilang secara misterius. Tak ada tanda-tanda perlawanan dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo yang berisi lebih dari 500 barel alkohol tidak tersentuh. Tampaknya kemungkinan telah terjadi pembajakan tidak dapat digunakan sebagai penjelasan terhadap apa yang terjadi di dalam kapal. Bertahun-tahun sejak penemuan aneh tersebut, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste.

Ini termasuk kemungkinan bahwa mereka, para penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa ada awak kapal yang memberontak atau ada kemungkinan bahwa semua penumpang memakan roti yang telah terkontaminasi dengan jamur, yang membuat semua penumpang berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin adalah adanya badai atau telah terjadi beberapa masalah tehnis dan membuat kru meninggalkan kapal sebelum waktunya dengan menggunakan sekoci, kemudian mereka meninggal di laut. Namun misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar. Ada juga yang mengatakan bahwa ada monster laut yang menculik orang-orang asing, ini merupakan kemungkinan penjelasan yang lain.

Flying Dutchman.


Diantara legenda rakyat tentang laut dan kapal hantu, Flying Dutchman adalah kapal hantu paling terkenal yang pernah ada. Flying Dutchman telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film bahkan sebuah opera. Kapal ini pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an di George, buku pelaut Barrington's Voyage ke Botany Bay. Dan sejak itu legenda itu terus tumbuh karena penampakan yang dilihat oleh nelayang dan pelaut.

Sedikit cerita, Flying Dutcham adalah kapal dari Amsterdam yang di kapteni oleh seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu berlayar menuju Hinda Timur ketika menghadapi cuaca yang sangat berbahaya di dekat Tanjung Harapan. Van der Decken bertekad untuk terus berlayar dan membuatnya menjadi gila, membunuh pasanang di kapal itu dan bersumpah bahwa dia akan melintasi Cape; "Bahkan jika Tuhan akan membiarkan aku berlayar ke Judgment Day!", itulah sumpahnya. Walaupun telah melakukan segala cara, kapal tersebut tenggelam juga dalam badai. Dan sebagai legenda, Van der Decken dan kapal hantu tersebut sekarang telah dikutuk dan berlayar selama-lamanya. Sampai hari ini Flying Dutchman telah menjadi kapal hantu yang paling terkutuk dan paling terkenal dari semua kapal hantu. Dan para pelaut mengatakan kepada Pangeran Wales, mereka mengklaim telah melihat kapal itu tak pernah berhenti berlayar mengarungi lautan.

Dari berbagai sumber.
---------------
Artikel: My Diary

Baca juga :
- Dosa-dosa yang dianggap suami biasa didalam keluarga. 
- Mus'ab bin Umair, bangsawan pengikut Rasulullah.
- Ketika Allah mencintaimu.
- Sikap Yahudi bila diajak masuk Islam. 
- Aqidah Rafidhah tentang sifat-sifat Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar