Senin, 20 Januari 2014

Jangan Berputus Asa Dalam Berdo'a


Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam pernah bersabda :
"Do'a salah seorang kalian akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa (meminta pengabulannya) sehingga ia berkata "Aku sudah berdo'a namun tidak juga dikabulkan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam Shahih Muslim, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : "Do'a seorang hamba akan senantiasa terkabul selama ia tidak berdo'a untuk kemaksiatan atau untuk memutuskan silaturahim, tidak tergesa-gesa" Para sahabat bertanya : "Wahai Rasulullah, bagaimanakah bentuk ketergesa-gesaan yang dimaksud ?" Rasulullah menjawab." Hamba tadi berkata," Aku telah berdo'a, sungguh aku telah berdo'a, namun Allah Subhanahu Wa Ta'ala belum juga mengabulkan do'aku, ia merasa jenuh dan letih, lalu akhirnya ia meninggalkan do'a."

Berdoalah Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan hati yang khusyu (sungguh-sungguh) sesuai anjuran Rasulullah, karena do'a adalah perintah sebagai komunikasi langsung (habluminAllah) dan merupakan ibadah dengan pahala melimpah.


Tiada rugi kita dalam berdoa
Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan do'a, maka berdo'alah.

"Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Murah Hati. Allah malu bila ada hamba-Nya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkan-Nya kosong dan kecewa." (HR. Al Hakim)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian yang Maha Suci lagi Maha Tinggi itu Maha Malu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, jika hamba-Nya mengangkat kedua tangannya (berdo'a) kepada-Nya untuk mengembalikan keduanya dalam keadaan kosong (tidak dikabulkan)." (HR. Abu Daud, At Tirmidzi dan Ibn Majah

Sungguh Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan murka kepada orang yang tidak berdoa, karena itu merupakan suatu kesombongan terhadap Allah. Dan setiap kesombongan tempatnya yaitu neraka. Na'udzubillah. 

Senantiasalah berdoa, memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Semoga semua do'a-do'a kita di Izabah oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينَْ 

----------------------

Artikel: My Diary 

Baca Juga:
- 52 Kiat Agar Isteri Makin Sayang
- Kekhilafahan Ali bin Abi Thalib r.a (Dzulhijjah 35H - Ramadhan 40H)
- Keutamaan Ibunda Khadijah radhiallahu'anha (1) 
- Keutamaan Ibunda Khadijah radhiallahu'anha (2) 
- Jilbab Lebih Menjaga Dirimu 
- Do'a Dapat Mengubah Takdir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar